manfaat daun srikaya

Friday, April 13th 2012. | kesehatan

manfaat daun srikayaManfaat daun srikaya

Tumbuhan tropis ini memiliki banyak nama, tergantung daerah mana tumbuhan tersebut tumbuh. Tumbuhan ini umumnya tumbuh di dareah kering dan berbatu. Tumbuhan buah buahan kecil ini bisa hidup cukup baik dengan sinar matahari yang cukup. Srikaya akan berbuah setelah berumur sekitar 3 sampai 5 tahun. Dan akan bisa kita temuai sampai ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Dan anda harus hati hati dengan getahnya, karena memiliki racun yang bisa berbahaya. Dari dunia manapun tumbuhan ini di gunakan sebagai obat tradisional, umumnya yang di gunakan sebagai obat adalah akar, kulit kayu, daun dan biji dari tumbuhan srikaya ini.

Manfaat daun srikaya yang terkandung

Bijinya berkhasiat untuk memacu enzim pencernaan, berkhasiat abortivum, berkhasiat anthelmintik, dan bisa sebagai pembunuh serangga (insektisida). Kulit kayunya bermanfaat sebagai astringen serta tonikum. Buahnya yang masih muda dan biji juga berkhasiat sebagai antiparasit.

Akarnya memiliki rasa yang pahit, dan sifatnya yang dingin. memiliki khasiat sebagai antiradang, sebagai antidepresi. Daunnya yang memiliki rasa pahit, dan agak sedikit kelat, sifatnya memang sedikit dinginn. bisa Berkhasiat sebagai astringen, dan antiradang, serta peluruh cacing di usus (antheimintik), bisa dan mampu mempercepat pemasakan bisul dan abses.

Akar dan kulit kayu tumbuhan srikaya mengandung flavonoida,mengandung borneol, mengandung kamphor, mengandung terpene, dan mengandung alkaloid anonain. Dan Di samping itu, akar dari srikaya juga mengandung saponin, mengandung tanin, dan mengandung polifenol. Biji srikaya mengandung minyak, mengandung resin, dan bahan beracunnya yang bersifat iritan. Buah srikaya mengandung asam amino, dan juga gula buah, serta mucilago. Buah muda yang mengandung tanin.

Ternyata manfaat daun srikaya ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Namun hati hati selain manfaat dari daun srikaya ini, memiliki racun yang juga bisa berbahaya bagi anda. Oleh sebab itu saya tidak menganjurkan anda mengkonsumsi akar, batang, dan daunnya, tanpa pengetahuan yang lebih banyak bagi anda yang sedang hamil. tapi untuk mengkonsumsi buahnya saja masih di perbolehkan dan tidak apa apa. Sebaiknya anda berkonsultasi ke pakar herbalis untuk keamanan dan kesehatan anda mengkonsumsi manfaat daun srikaya tentunya.