Hemoglobin Rendah | Kadar Hemoglobin Normal

Tuesday, July 31st 2012. | kesehatan

hemoglobin rendah (HB) bisa juga di katakan sakit anemia – Hemoglobin adalah bentuk protein yang terkonjugasi di dalam sel darah merah. Ini adalah komponen pigmen yang mempunyai banyak kandungan besi. Fungsi utamanya yaitu untuk mengikat oksigen yang kita hirup dan di transportasi ke berbagai bagian tubuh. Molekul hemoglobin mengalami oksigenasi untuk membentuk senyawa yang stabil bernama oksihemoglobin. Ketika oksihemoglobin mencapai tempat dimana konsentrasi oksigen yang rendah dan karbon dioksida lebih tinggi, ia akan melepaskan molekul oksigen supaya bisa menggantikan karbon dioksida yang tinggi tersebut.

hemoglobin rendahgambar dari google images

Hemoglobin yang normal pada pria adalah 13,5 sampai 16 gram/ 100 mm darah, dan pada wanita, harus memiliki hemoglobin 12 sampai 16 gram. Ketika jumlah hemoglobin menurun di bawah tingkat ukuran yang normal, itu dianggap sebagai hemoglobin rendah atau kekurangan hemoglobin. Ini bisa terjadi pada siapapun tak terlepas dari usia dan jenis kelamin. Namun, lebih sering ditemukan terjadi pada bayi, anak anak, ibu yang sedang hamil dan atlet olahraga.

Penyebab hemoglobin rendah

penyebab utama kondisi ini adalah kekurangan zat besi di dalam tubuh, karena zat besi bertanggung jawab untuk produksi hemoglobin. Orang yang tidak mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi ketika diet salah satu penyebab kekurangan zat besi. Namun tidak hanya orang yang sedang diet saja, ibu hamil, anak anak, bahkan bayipun akan terkena kekurangan hemoglobin jika makanan yang di konsumsi tidak mengandung zat besi. Jadi usahakan makanan yang kita konsumsi dan kita berikan untuk anak serta bayi kita mengandung zat besi. saat tubuh kita tidak mampu menyerap vitamin tertentu, produksi hemoglobin juga akan terpengaruh. gejala ini juga ditemukan pada orang-orang yang memiliki riwayat medis pecandu alkohol.

Pengobatan hemoglobin rendah

untuk memastikan anda bisa pergi kedokter untuk kepastian dan jalan keluar yang terbaik. Namun jika anda sudah tau kekurangan hemoglobin (hemoglobin rendah) atau terkena anemia, dan ingin mengkonsumsi makanan dan sayuran penambah zat besi yang akan meningkatkan hemoglobin. Anda bisa mengkonsumsi kacang polong, aprikot, daging, udang, tiram, sereal, kacang polong dan juga kismis.

Namun ini tidaklah instan meningkatkan zat besi di dalam tubuh anda dan zat besi dengan cepat meningkatkan hemoglobin. Tetaplah butuh proses, sebaiknya anda harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang tinggi